Senin, 25 Juni 2012

Pembayaran Gaji PNS

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp19 miliar untuk membayar gaji 13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah tersebut. “Gaji ke-13 PNS tahun ini mulai dibayarkan.

Ada PNS yang sudah menerima gaji ke- 13.Tapi ada juga yang masih dalam proses administrasi bagian mekanisme pembayaran,” kata Kepala DPPKAD Tana Toraja Meyer Dengen kepada SINDO di Makale kemarin. Dia mengatakan, besaran dana yang dibayarkan kepada setiap PNS itu sebesar satu bulan gaji, pembayarannya melalui masing-masing bendahara di tiap SKPD.Melalui mekanisme dengan memasukkan surat permintaan pembayaran (SPP) melampirkan daftar gaji PNS untuk diterbitkan surat perintah membayar (SPM).

Menurutnya, DPPKAD tidak akan mempersulit proses pencairan gaji ke-13 jika sudah sesuai dengan mekanisme pencairan. SPP dan SPM merupakan dua dokumen penting dalam setiap proses pencairan anggaran. Pihaknya juga memastikan tidak ada potongan kecuali pajak penghasilan yang wajib ditanggung setiap PNS.

“Paling lambat, akhir Juni semua PNS sudah menerima gaji ke-13 tahun ini,”ujarnya. Salah satu PNS di lingkungan pemkab Tana Toraja Marthen mengatakan,gaji ke-13 sangat dibutuhkan sebagian besar PNS menjelang tahun ajaran baru. PNS yang punya tanggungan anak sekolah sangat terbantu untuk memenuhi biaya masuk sekolah anak.

Begitu juga,bagi PNS yang belum memiliki tanggungan anak sekolah, bisa memanfaatkan gaji ke-13 untuk keperluan lainnya. “Ada anak saya yang mau masuk sekolah menengah pertama. Tentu saya butuh biaya yang banyak. Gaji ke-13 sangat membantu saya untuk kebutuhan biaya sekolahnya,”katanya.

0 komentar:

Posting Komentar